Selasa, 16 Desember 2008

hitam-2

masih seputar hitam. di ka'bah di pojok kanan yg lurus dg lampu hijau sbg tanda utk memulai thawaf ada sebuah batu yg di kenal dg nama hajar aswad yg artinya adalah batu hitam. konon, dulu warnanya putih bersih dan berasal dr surga, krn banyaknya dosa manusia menjadi hitam (wallahu a'lam, saya lupa2 ingat ceritanya shahihnya). setiap jamaah haji maupun umrah akan berebutan utk menciumnay sebagaimana rasuluLLah pernah melakukannya. saya sendiri selama haji belum pernah bisa menciumnya dan memang tidak punya keinginan kuat utk melakukannya walaupun banyak tawaran dari orang banjar, madura dengan imbalan tertentu. cukup melambaikan tangan dg tanda kecupan dan mengucap "bismiLLah Allahu Akbar" sebagai gantinya setiap kali melewati lampu hijau (hajar aswad). pernah, pas thawaf qudum/ kedatangan krn sy haji tamatu', pertama kali sampai di ka'bah pada putaran ke -1, sy melihat ada wanita berwajah asia selatan/ india yang berdiri di sisi atas ka'bah dekat hajar aswad. ia berusaha utk menciumnya tapi belum bisa. akhirnya askar yg berdiri di samping hajar aswad menghalaunya utk menjauh.
hitam juga identik dg kegagahan. dalam film the miyth-nya jacky chan yg berperan sebagai jenderal mon yi, dia juga punya seekor kuda gagah yang berwarna hitam. dalam sebauh pertarunagn politik, jamak kita kenal pasangan/ calon yang di unggulkan dg nama kuda hitam. mobil-mobil yang berwarna hitam juga identik dengan kegagahan. tapi rumah yang bercat hitam, ia identik dg ketakutan, kemuraman. itu juga mungkin sebabnya dalam setiap acara duka cita/ ta'ziyah, para wanita yg melayat banyak yang menggunakan penutup kepala / kerudung berwarna hitam. karena mungkin hitam juga lambang kepedihan, duka cita, kemuraman.

akhwat-akhwat di saudi / timur tengah saya saksikn juga banyak menggunakan purdah, cadar dan abaya yg berwarna hitam, kontras dg kulit mereka yg putih-putih. (loh kok tahu..).
iya , lambang hitam sbgman dlm hadist dikatakan seperti dikepala-kepala mereka bertengger seekor burung gagak.
yang jelas menurut saya, mereka semakin cantik dg purdah hitamnya. begitu tampak elegan dan mahal sebagai seorang wanita.

hitam juga identik dengan kegelapan. setiap malam ,selalu gelap dg warna hitam.
ya , hitam...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar